UBNT airMAX AC Firmware v8.7.x – Kemana PtMP Mixed Mode?


Mungkin bagi yang sudah sering menggunakan perangkat UBNT AirMAX AC tentu tulisan ini tidak akan berguna, karena sudah tahu dan sudah terbiasa. Namun karena saya jarang sekali melakukan setting perangkat UBNT AirMAX AC maka biarlah tulisan ini menjadi catatan saja untuk mengingat dan menambah pengetahuan saja.

Berawal dari seorang teman ingin mengkoneksikan perangkat UBNT airMAX M ke access point yang berupa perangkat UBNT AirMAX AC, seperti kita ketahui bahwa UBNT AC hanya bisa terkoneksi dengan UBNT M jika UBNT M diset sebagai station dan UBNT AC sebagai access point dengan mode PtMP airMAX Mixed.

Ternyata opsi pilihan mode PtMP airMAX Mixed tidak ada lagi di firmware versi v8.7.X, apakah mode ini benar benar dihilangkan dari UBNT AC? Jawabannya tidak, pihak Ubiquity sepertinya ingin membuat interface pengguna(UI) menjadi lebih simple namun tetap powerfull.

Untuk Perbedaannya bisa dilihat pada gambar berikut  :

Firmware Lama :

Firmware Lama

Tampak pada gambar setting wireless yang menggunakan firmware lama terdapat beberapa pilihan sesuai apa yang kita inginkan.

Firmware v8.7.X

Firmware v8.7.x


Tampak pada gambar setting wireless yang menggunakan firmware v8.7.x tidak ada lagi pilihan mode nya, namun sebenarnya mode PtMP airMAX Mixed bisa di aktifkan jika "PTP MODE" dalam keadaan off, tapi jika dalam keadaan on, maka mode PtMP airMAX Mixed dalam kondisi nonaktif.


Komentar

Archive

Formulir Kontak

Kirim