SSH SOCKS Tunnel/Proxy Menggunakan PUTTY (Windows)


Suatu ketika kami dihadapkan pada kendala port forwarding yang tidak dapat bekerja dengan baik. Namun dikarenakan dipisahkan oleh jarak dan waktu jadi harus dikerjakan secara remote, jika rule port forwarding sudah benar namun tudak bekerja dengan baik, biasanya ada settingan yang kurang di sisi perangkat pda jaringan lokal yang ingin di remote.

Pada saat itu router utama hanya memiliki SSH remote saja untuk mengaksesnya, sedangkan fitur tunnel atau proxy tidak ada, daripada ribet install service tunnel atau proxy maka paling mudah yaitu dengan menggunakan fitur tunnel/proxy via SSH yang terdapat pada software putty. Tunneling atau proxying dibutuhkan untuk meremote perangkat yang ada di jaringan lokal, ketika perangkat tersebut hanya bisa di akses dari jaringan lokal.


Berikut cara SOCKS tunneling/proxying SSH dengan menggunakan software putty:

Bahan yang dibutuhkan :

  1. Pastikan kita memiliki akses SSH ke router utama.
  2. Download Software Putty di https://www.chiark.greenend.org.uk/~sgtatham/putty/latest.html
    Saya pribadi lebih suka download yang versi portable agar tidak perlu install.

    Pilih yang sesuai dengan os anda


Langkah-langkah setting putty:

  1. Buka Putty


  2. Masukan hostname atau IP Address dan port router tujuan pada inputan yang disediakan.


  3. Selanjutnya kita setting tunnel dengan memilih menu seperti yang tampak pada gambar berikut :


  4. Pada bagian Source port isikan dengan port yang di inginkan misal 7070, namun pastikan port tersebut tidak ada aplikasi yang menggunakannya, kemudian pilih juga pilihan Dynamic.


  5. Klik tombol Add





  6. Kembali ke menu Session lalu klik Open


  7. Berikutnya akan tampak tampilan untuk login ke router kita dengan memasukan login dan password, silahkan masukan seperti biasa.


Saat sudah berhasil login SSH, maka kita tinggal men-setting tunnel atau proxy ke browser, kali ini saya ambil contoh menggunakan browser firefox, silahkan menuju ke setting bagian Network Settings, lalu isikan seperti pada gambar berikut


Klik OK lalu browser sudah siap untuk meremote perangkat yang ada di jaringan lokal yang ada pada jaringan router ssh, tentunya untuk meremote perangkat tersebut kita akses dengan memanggil ip address asli perangkat.

contoh kami meremote salah satu access point yang ada di lokasi



Terimakasih sudah mau membaca.

Komentar

Archive

Formulir Kontak

Kirim