Update/Upgrade Manual Firmware Pada Access Point Unifi

Sebenarnya ini adalah trik lama yang digunakan ketika access point unifi tidak dapat melakukan atau error ketika update otomatis via controller. Dan sengaja saya ketik disini selain supaya tidak lupa, kebetulan beberapa hari yang lalu ada teman kesulitan karena ketika ingin melakukan adopt ke controller, si unifi diwajibkan untuk upgrader firmware terlebih dahulu, namun ketika dilakukan upgrade via controller terjadi error sehingga AP unifi tidak dapat melakukan upgrade dan tidak dapat adopt ke controler.

Ada beberapa cara update/upgrade manual firmware unifi, tapi mungkin tidak akan dibahas semua. Lanjut aja langsung ya.

Bahan :

  • PC atau Laptop
  • Kabel LAN (UTP)
  • Access Point Unifi
  • Putty atau software remote ssh lainnya
  • Firmware unifi  sesuai dengan model yang dimiliki yang dapat di download di website Ubiquity
  • Software Unifi Controller ( untuk cara pertama )
  • Software WinSCP untuk transfer file ( untuk cara kedua )

Setelah bahan sudah siap, mari kita eksekusi :

Cara Pertama :

Untuk cara yang pertama wajib menggunakan software unifi controller yang sudah berjalan dengan normal pada PC/Laptop karena controller ini nantinya digunakan sebagai server tujuan untuk mendownload firmware yang akan di install.

Setelah kamu download firmware yang akan kamu gunakan untuk update AP unifi. Rename firmware agar mudah mengenalinya, disini saya rename menjadi "firmwareunifi.bin". Lalu kamu pindahkan firmware yang di download dan di rename tadi ke lokasi 

"C:\Users\user\Ubiquiti UniFi\dl\firmware"

Untuk user bisa kamu sesuaikan dengan user yang ada di PC atau laptop yang digunakan dan lokasi  controller unifi terinstall seperti contoh gambar dibawah ini.


Selanjutnya pasang AP Unifi ke adaptor POE dengan menggunakan kabel lan (port POE) kemudian dari adaptor POE di sambungkan ke PC/Laptop juga menggunakan kabel lan (port LAN). 

Untuk bagaimana cara mengkoneksikannya tidak akan dibahas karena pasti sudah bisa semua, untuk tutor kali ini IP Address PC/Laptop saya menggunakan IP 192.168.1.2 sedangkan perangkat Unifi masih menggunakan IP default 192.168.1.20.

Jika PC/Laptop dan perangkat unifi sudah terkoneksi dengan baik, maka langkah selanjutnya silahkan buka software PUTTY seperti pada gambar berikut :


Karena perangkat unifi masih dalam kondisi default, kita bisa login mengunakan usename dan password defaultnya, yaitu username "ubnt" dan password "ubnt".


Untuk melakukan upgrade atau update firmware tinggal mengetikan perintah berikut ini:
upgrade http://192.168.1.2:8080/dl/firmware/namafirmware.bin



Kemudian tinggal kita tunggu hingga proses upgrade atau update firmware selesai, selama proses ini unifi akan restart beberapa kali.

Sampai pada langkah ini proses upgrade/update firmware unifi menggunakan cara pertama sudah selesai.

Cara Kedua:

Untuk cara yang kedua ini tidak menggunakan software unifi controller, namun menggunakan WinSCP sebagai software bantu untuk mengupload firmware ke perangkat unifi.

Sebelumnya, silahkan download firmware yang akan digunakan untuk update AP unifi, sesuaikan dengan jenis perangkat unifi yang dimiliki. Rename firmware menjadi "fwupdate.bin".

Setelah firmware didownload dan di rename, silahkan buka software WinSCP kemudian konekkan WinSCP ke perangkat unifi menggunakan protocol scp. Jika sudah terkoneksi tinggal di upload saja file firmware yang sudah  disiapkan tadi ke folder /tmp.



Jika proses upload sudah selesai, langsung saja buka PUTTY lalu konekkan ke perangkat unifi.

Login ke perangkat unifi menggunakan PUTTY menggunakan username dan password yang dimiliki.


Ketikkan perintah berikut di layar PUTTY
cd /tmp

syswrapper.sh upgrade2 &


Kemudian tinggal kita tunggu hingga proses upgrade atau update firmware selesai, selama proses ini unifi akan restart beberapa kali.

Sampai pada langkah ini proses upgrade/update firmware unifi menggunakan cara pertama sudah selesai.

Komentar

Archive

Formulir Kontak

Kirim