Merubah Login dan atau Password Modem/ONT/ONU Huawei HG8245


Episode kali ini melanjutkan episode sebelumnya dimana masih berhubungan dengan Modem/ONT/ONU huawei HG8245. Seperti di ketahui bahwa Modem/ONT/ONU huawei HG8245 tidak memiliki menu untuk mengganti password user superadmin, hanya tersedia menu untuk mengganti password user admin biasa saja, tentunya ini bisa berbahaya karena login dan password superadmin untuk Modem/ONT/ONU huawei model ini sudah banyak tersebar di dunia maya.

Karena hal tersebutlah, untuk coretan kali ini akan dibahas cara mengganti login dan atau password superadmin Modem/ONT/ONU huawei HG8245 dengan cara mengedit file konfigurasi Modem/ONT/ONU. Untuk diketahui bahwa file konfigurasi hanya dapat di download maupun di upload ke Modem/ONT/ONU hanya jika sudah login ke Modem/ONT/ONU menggunakan login superadmin.

Pada HG8245 terdapat beberapa default account yaitu 

User Admin biasa :

Login : Admin
Password : admin 
Login : root 
Password : admin
Login : root 
Password : adminHW

 User Superadmin :

Login : telecomadmin
Password : admintelecom
Login : Support
Password : thewolrdinyourhand

User Telnet :

Login : root
Password : admin

Untuk user admin biasa, password dapat diganti pada halaman web config Modem tersebut


Namun tidak untuk user superadmin maupun user telnet, sehingga dibutuhkan effort lebih agar dapat menggantinya :D.

Sekarang kita bahas langkah-langkah untuk mengganti login dan atau password superadmin Modem/ONT/ONU huawei HG8245:

Bahan :

  • Laptop atau PC
  • Modem/ONT/ONU huawei HG8245
  • Tool aescrypt2_huawei yang dapat di download disini

Tool ini digunakan karena ada beberapa file konfigurasi di enkripsi, sehingga untuk bisa di baca digunakanlah tool ini. 

Jika semua bahan sudah siap, mari langsung eksekusi saja :

Buka browser kesayangan anda lalu masuk ke laman login web dengan mengetikkan ip default Modem/ONT/ONU huawei HG8245, biasanya ip default huawei yaitu 192.168.100.1 maka akan muncul seperti pada gambar berikut


Silahkan login dengan menggunakan login superadmin baik telecomadmin maupun Support.

Dikarenakan nanti password pada file konfigurasi akan berbentuk enkripsi maka disarankan untuk mengganti password user biasa seperti root atau Admin dengan password yang ingin digantikan untuk login superadmin, misal saya ingin merubah password superadmin menjadi "super4dm1n" maka saya sementara akan mengganti password root atau Admin menjadi  "super4dm1n" terlebih dahulu agar nanti waktu mengedit file konfigurasi tinggal copy paste password root/Admin ke password superuser. Ini bisa dilakukan dengan masuk ke menu System Tools → Modify Login Password


Setelah merubah password root/Admin langsung saja masuk ke System Tools → Configuration File
lalu klik tombol Download Configuration File, maka  akan didapatkan file hasil download bernama hw_ctree.xml.


Setelah file hw_ctree.xml didownload, file ini tidak bisa dibaca secara langsung walaupun memiliki ekstensi file xml melalui text editor, ini dikarenakan huawei melakukan enkripsi pada file ini walaupun ada juga pada beberapa Modem/ONT/ONU huawei file ini tidak di enkripsi sehingga bisa langsung diedit.

Jika didapati file ini di enkripsi maka langkah selajutnya adalah kita harus melakukan dekripsi terlebih dahulu dengan menggunakan tool aescrypt2_huawei yang sudah disiapkan sebelumnya.

File masih terenkripsi

Extract
file aescrypt2_huawei.zip yang sudah di download dan kemudian masukan file konfigurasi huawei hw_ctree.xml tadi ke folder yang berisikan file aescrypt2_huawei tadi, dengan kata lain file konfigurasi dan tool aescrypt2_huawei dijadikan satu folder.

Buka Command line (cmd) lalu pada command line ketikan perintah agar command line berada pada folder yang berisikan tool aescrypt2_huawei dan file configurasi hw_ctree.xml, atau bisa juga menggunakan windows explorer lalu buka folder dimana kedua file tersebut berada kemudian klik kanan Open cmd here. Contoh: pada PC saya file file tersebut berada pada folder C:\Huawei


Ketikan perintah berikut pada Command Line (cmd).

“aescrypt2_huawei.exe 1 hw_ctree.xml hw_decrypted.xml”

Angka 1 pada perintah sesudah   aescrypt2_huawei.exe adalah kode perintah untuk melakukan dekripsi pada file hw_ctree.xml yang hasilnya akan di tulis pada file hw_decrypted.xml.

 

Berdasarkan perintah di atas maka akan didapatkan file hasil dekripsi dengan nama hw_decrypted.xml yang kemudian bisa diedit dengan menggunakan file editor favorit anda, saya sediri menggunakan notepad++ untuk mengeditnya.

Buka file hw_decrypted.xml tadi menggunakan file editor favorit anda kemudian lakukan pencarian kata "telecomadmin" atau "Support" sesuai dengan login superadmin yang akan diganti.

berikut beberapa contoh file konfigurasi bagian informasi login, karena ada beberapa macam kondisi dimana password ada yang di enkripsi ada yang tidak

Contoh 1


Pada gambar diatas terlihat password superadmin tidak di enkripsi, tentunya ini lebih mudah karena kita hanya merubah "admintelecom" dengan password yang kita inginkan.

Contoh 2


Pada gambar di atas terlihat password superadmin dalam keadaan ter-enkripsi, karena sebelumnya kita sudah merubah password admin/root maka kita tinggal copy paste saja isi dari password admin/root ke password superadmin dalam contoh ini pada user Support.

Contoh 3


Pada gambar di atas terlihat password superadmin dalam keadaan ter-enkripsi dan juga terdapat variabel Salt, sama seperti contoh 2 karena sebelumnya kita sudah merubah password admin/root maka kita tinggal copy paste saja isi dari password admin/root ke password superadmin dalam contoh ini pada user telecomadmin dan juga jangan lupa merubah isi variable Salt sama dengan varibel Salt yang terdapat pada user admin/root.

Setelah pengeditan file dirasa sudah benar dan selesai maka langsung saja simpan atau save file tersebut.

Jika sebelumnya file konfigurasi dalam kondisi ter-enkripsi maka file yang di edit tadi harus di enkripsi kembali sebelum di upload ke Modem/ONU/ONT huawei, namun jika memang yang didapat tidak dalam kondisi ter-enkripsi maka bisa langsung di upload ke Modem/ONU/ONT.

Selanjutnya lakukan enkripsi pada file yang sudah diedit tadi dengan menggunakan tool aescrypt2_huawei tadi.

Kembali ke Command line tadi kemudian ketikan perintah berikut.

“aescrypt2_huawei.exe 0 hw_decrypted.xml hw_ctree_edited.xml”

Angka 0 pada perintah sesudah   aescrypt2_huawei.exe adalah kode perintah untuk melakukan dekripsi pada file hw_decrypted.xml yang hasilnya akan di tulis pada file hw_ctree_edited.xml.


Selanjutnya file siap di upload ke Modem/ONT/ONU dengan kembali ke laman web Modem dan masuk ke  System Tools → Configuration File lalu pada bagian Configuration file klik Browse lalu pilih file yang akan di upload


Kemudian tinggal klik "Update Configuration File" saja untuk menguploadnya, maka laman web akan tampil seperti berikut dan Modem/ONT/ONU akan otomatis restart dengan sendirinya.


Jika semua dilakukan dengan benar, selamat password superadmin sudah terganti. Jika pelanggan anda diberikan hak untuk mengganti SSID ataupun password wifi, maka jangan lupa untuk mengganti password user biasa lewat laman web, karena kondisi pada saat upload file konfigurasi password superadmin dan user admin biasa memiliki password yang sama terutama untuk file konfigurasi yang passwordnya terenkripsi.

Terimakasih sudah mengunjungi blog sederhana ini, semoga bermanfaat.

Komentar

Archive

Formulir Kontak

Kirim